Seribu bahagia di satu sore

Buka puasa bersama anak yatim, selama hampir 4 dekade usia saya, kayaknya baru kali ini saya alami. Dan sekalinya ngalamin, langsung bersama SERIBU anak. Mereka datang dari 50 yayasan di Jakarta dan Bekasi, dalam berbagai usia. Mereka diundang oleh Adaro Energy Tbk, sebagai salah satu kegiatan tahunan sejak 2010. Tiap tahun berbeda yayasan dan panti asuhan yang diundang, yang pasti jumlahnya sama, seribu anak. Kebayang gak 1.000 bocah dan ABG ngumpul dalam satu aula? Heboh!

Apalagi mereka gak cuma berbuka puasa, tapi juga mendapat kultum dan hiburan dari artis. Yang saya tahu, 2 tahun lalu artis yang datang itu Coboy Junior (dek Iqbaal mailaf), tahun kemarin JKT48. tahun ini dihibur oleh Aleehya, band hiphop bernuansa religi. Iya, saya juga baru denger ada band ini dan begitu kepo sama YouTube-nya, langsung ngefans!

Sebelum menemani para tamu buka puasa, kami (para blogger yang diundang) sempat “diculik” sejenak oleh Pak Boy Thohir, Presiden Direktur Adaro Energy Tbk. Ini adalah kali kedua saya ketemu Pak Boy. Kesan pertama saya dulu, ngobrol sama Pak Boy ini kayak ngobrol sama paman yang punya banyak cerita asik. Gak pernah membosankan, ramah, dan rendah hati.

Pak Boy bercerita, tahun 2014 perusahaan pernah mengalami sedikit krisis, sehingga mereka memutuskan untuk mengurangi undangan anak yatim menjadi 500 orang saja. Tapi tak lama kemudian, Pak Boy berubah pikiran.

“Saya telpon asisten saya lalu saya bilang, ‘Gak jadi 500. 1.000 kayak biasa. Ini rejeki mereka, masa kita potong. Kita yang perlu mereka, bukan mereka yang perlu kita'”, cerita Pak Boy dengan semangat. Akhirnya tahun itu tetap dilangsungkan buka puasa bersama 1.000 anak yatim. Kejutannya, di tahun berikutnya krisis berhasil diatasi sepenuhnya. Semacam balasan perbuatan baik dari semesta mungkin ya 🙂

Pak Boy berpesan kepada kami yang (lebih) muda dan kepada generasi selanjutnya, bahwa untuk bisa sukses, ada 5 faktor di mana 4 di antaranya ada dalam kuasa kita dan yang kelima adalah hasil dari empat faktor pertama:

1. Jaga nama baik
2. Selalu gigih
3. Berilmu. Rajinlah belajar hal baru dn perdalam pengetahuan yang kita miliki saat ini
4. Networking
5. Keberuntungan (ini urusan semesta, kita usahain di yang 4 di atas)

Selesai ngobrol sejenak, kami kembali ke Ballroom Kuningan City untuk melanjutkan acara. Saat kami kembali, ustad Maulana sudah ada di panggung memberikan kultum dengan ciri khasnya, “Jama’aaaah! ”

Kultum dilanjut dengan berbuka puasa, shalat Maghrib bersama, dan kemudian ini nih bagian hebohnya. Penampilan Aleehya. Itu yah, anak-anak langsung merangsek ke depan panggung buat nyanyi dan joget bersama. Saya yang biasanya kesel sama keriuhan, malam itu senang sekali melihat mereka. Senang sekali melihat wajah bahagia mereka, bershalawat badar bersama, goyang-goyang bersama.

Saya, nangis dong :’) Anak-anak ini, dengan berbagi alasan masing-masing, terpisah dari orang tua mereka. Ada yang masih cukup beruntung sempat hidup bersama orang tua, ada yang sejak lahir tak pernah melihat orang tua.

Saya sebagai orang tua, jadi inget anak sendiri dan ngebayangin seandainya saya dan bapaknya ‘pulang’ duluan sebelum dia dewasa. Gak kuat kak :’)

Di bawah ini adalah foto-foto yang saya tangkap selama acara, beserta video favorit saya, saat mereka menyenandungkan shalawat Badar yang kebetulan juga shalawat favorit saya. The energy was amazing. Too beautiful to describe.

Acara boleh selesai, tapi ucapan Pak Boy Thohir masih terngiang sampai sekarang.

“Jangan tawar menawar sama Tuhan. Jangan bilang, ‘Tuhan kalo proyek yang ini tembus, saya sedekah deh’. Tuhan gak butuh semua itu dari kita, kita yang butuh. Lakukan saja dengan ikhlas tanpa pakai ‘kalau’. Niat baik selalu aja jalan dan insya Allah jalannya lancar. ”

Terima kasih, Adaro Energy Tbk sudah berkenan mengajak saya berbahagia bersama mereka. Terima kasih Pak Boy atas obrolannya yang tidak pernah terasa ‘kosong’. This was by far the best buka puasa bersama I’ve ever attended. Semoga tahun-tahun berikutnya saya bisa menikmati kebahagiaan ini lagi.

Update: list tulisan rekan blogger yang turut diundang. Jangan lupa mampir juga ya. Karena walaupun tujuannya sama, tiap orang memiliki sudut pandang dan cara bercerita sendiri. Asik.

list blog:

1. Astari http://www.ivegotago.com/2018/05/momen-buka-puasa-bareng-1000-anak-yatim.html

2. Terry http://blog.negerisendiri.com/blogpage.php?judul=331&nid=buka_puasa_sambil_mencari_pahala

3. Aryan http://www.aryanatarazqi.com/2018/05/buka-puasa-bersama-1000-anak-yatim-yang.html?m=1

4. Rere http://atemalem.com/buka-bersama-yang-tak-biasa-ala-adaro/

5. Ainun http://ainun.net/2018/05/28/kebaikan-tanpa-hitungan-ala-boy-thohir/

6. Tika https://lifetimejourney.me/2018/05/28/berbagi-berkah-ramadhan-bersama-1000-anak-yatim/

7. Ifan https://ifanishere.com/2018/05/28/serunya-buka-bersama-1000-anak-yatim-bersama-adaro/

8. Harris http://harrismaul.com/bukber-adaro-bahagiakan-1-000-anak-yatim-3450/

9. Driana http://simbokvenus.com/2018/05/28/berbagi-bahagia-dengan-1000-anak-yatim/

Advertisements

4 Comments Add yours

  1. Raisa says:

    Abis acara buka bareng kemarin langsung kepoin yutub aleehyah (eh bener ndag ejaannya begitu hahaha).
    Seneng ya nengok adek adek kemaren bahagia semuaaa 🙂

    Like

  2. Seruuu banget!! Dari bukber ini aku tau ada nasyid hiphop rap bernama Aleehya! Sungguh membuka wawasan 🙂 Semoga kita semua semakin banyak rezeki dan diberi sehat, jumpa lagi di bukber tahun2 mendatang ya…

    Like

  3. Reh Atemalem says:

    Bukber yang bikin adek-adek, karyawa,, dan undangan hadir semuanya. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s