4 Kuliner Sarapan di Tasikmalaya

Siapa di sini yang kalau traveling sering memilih menginap di hotel tanpa paket sarapan? Kecuali sarapannya terkenal istimewa, mungkin ada yang lebih lebih suka cari kuliner sarapan di luar hotel.

Beberapa makanan ini bisa menjadi pilihan untuk sarapan saat berkunjung ke kota santri Tasikmalaya.

Lengko Ayam

Berbeda dengan jenis Lengko Cirebon (yang berupa nasi, tauge, tahu, tempe, dan bumbu kacang, serta tambahan lainnya), Lengko Tasikmalaya berupa lontong, kuah kari, ayam suwir, dan tambahan telur rebus. Kuah karinya kental dan gurih ditambah lontong padat nan lembut merupakan sarapan yang cukup bisa membuat perut penuh seketika.
Beberapa rekomendasi pilihan lengko ayam yang ada di kota Tasikmalaya adalah lengko legendaris Lengko Ayam 99 yang antreannya bisa mengular sejak pagi dan lengko ayam Toko Kue Ny Nina (bisa sekalian beli kue jajanan pasar). Buka sejak jam 06.00 WIB. Untuk mencicipi lengko ayam, kita akan merogoh kocek mulai dari Rp 14.000.
Foto dari Instagram @kulinertasik

Nasi Tutug Oncom

Katanya belum ke Tasikmalaya kalau belum makan nasi tutug oncom (TO). Nasi hangat yang dicampur dengan oncom yang sudah ditumis dengan berbagai bumbu, ditambah sambal goang dan sambal cikur.

Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya ‘menumbuk’. Proses aduk-tumbuk nasi dengan oncom ini menjadi nama jenis makanan yang dikenal dengan nama tutug oncom. Tambahan TO biasanya berupa gorengan, telur, ikan asin goreng, dan lain-lain.

Nasi TO yang terkenal di Kota Tasikmalaya adalah nasi TO Kalektoran dan nasi TO Benhil. Harga mulai dari Rp 8.000. Buka sejak jam 7.30 WIB.

Foto koleksi pribadi

Kupat Tahu
Terdiri dari potongan tahu goreng (kadar kematangan tahu boleh milih, saya senang yang matang garing), ketupat, dan bumbu kacang. Biasanya ditambah sambal dan kerupuk. Sederhana ya. Yang sederhana biasanya justru yang paling menghangatkan hati. 🙂

Kupat tahu yang paling terkenal di kota Tasikmalaya salah duanya adalah Kupat Tahu Kabita dan Kupat Tahu H. Esah. Dijual mulai dari Rp 14.000, mereka bisa dinikmati buat sarapan sejak jam 08.00 WIB.

foto koleksi pribadi

Bubur Ayam

Kondimen bubur sederhana dan berlimpah: ayam suwir, ati ayam,daun bawang, bawang goreng, dan cakwe. Rasa buburnya sendiri sudah cukup gurih tanpa tambahan apa-apa. Paling kalau mau ya ditambah sambal aja.

Bubur ayam yang paling melegenda adalah Bubur Ayam Haji Zaenal di Kalektoran. Harga mulai dari Rp 15.000.

foto dari instagram @tasikmalayadelicious
Bagaimana, kamu punya rekomendasi lain buat sarapan di Tasikmalaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s