Ngapain ke Cilegon: ada Prokarling dan Sanggar Wuni Kreasi

Berangkat dari Jakarta menempuh perjalanan sekitar 2 jam menuju Cilegon, kami tiba di salah satu kampung unik binaan mitra PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. (“Indocement”) produsen Semen Tiga Roda dan Semen Rajawali di RW 01 Kelurahan Randakari. RW ini merupakan salah satu binaan CSR Indocement, yang disebut Prokarling (Program Kampung Ramah Lingkungan). Pada tahun 1970an…

Ngapain ke Puncak: makan enak main seru bersama Cimory

Pada masanya, buat saya main ke daerah Puncak tuh buat ngopi makan mi rebus atau jagung bakar di pinggir jalan sambil melihat pemandangan, atau ke Taman Safari. Udah. Dan biasanya dilakukan saat akhir pekan bersama teman atau keluarga atau pacar (kalau lagi ada). Nah minggu kemarin, hari Kamis, saya dan beberapa teman blogger ditunjukkan oleh…

Gak Semua Luka Harus Perih

Pernah ngalamin gak, tau-tau ada luka goresan di badan, gak tau gimana dan kenapa? Saya termasuk sering. Gak bingung-bingung amat sih karena saya termasuk orang yang grasa grusu, serba buru-buru. Akibatnya suka kepentok inilah, tergores itulah. Tau-tau perih aja pokoknya, ternyata luka. Sebagai warisan dari kebiasaan orang tua masa kecil, sebenernya di rumah selalu sedia…

Ngapain Ke Citeureup: (part 1) Kampung Kaleng Surga Belanja Dapur

Kalau mendengar kata oven kaleng, yang di Jakarta kepikirannya apa? Biasanya kepikirannya: Cawang. Terletak di Jakarta Timur, Cawang sejak lama sekali dikenal sebagai daerah tempat berburu alat masak dan panggang. Salah satunya oven. Kini, kalau tidak salah, harga oven yang ada di sana berkisar mulai 1,5 juta (tergantung kapasitas, bahan pembuat oven, dan kebijakan pedagang…

Seribu bahagia di satu sore

Buka puasa bersama anak yatim, selama hampir 4 dekade usia saya, kayaknya baru kali ini saya alami. Dan sekalinya ngalamin, langsung bersama SERIBU anak. Mereka datang dari 50 yayasan di Jakarta dan Bekasi, dalam berbagai usia. Mereka diundang oleh Adaro Energy Tbk, sebagai salah satu kegiatan tahunan sejak 2010. Tiap tahun berbeda yayasan dan panti…

Sampah tidak selamanya tak berguna

Pernah mengamati seberapa banyak sampah yang kita hasilkan per hari? Sampah pribadi maupun sampah rumah tangga, dan apa saja di dalam sampah tersebut? Saya, jarang. Nyaris gak peduli. Sampah ya buat saya di buang, sudah tidak bermanfaat. Ngotor-ngotorin aja. Sampai kemudian saya berkunjung ke DESA CILENGKRANG RW 17 KAMPUNG JATI BARU di Kabupaten Bandung, salah…

Ada beton di mana-mana

Pada masanya, saya sering takjub lihat betapa cepatnya infrastruktur di jakarta dibangun dan selesai. Ya saya bukan ahli konstruksi, cuma bikin underpass atau jalan layang hanya dalam hitungan bulan itu buat saya ajaib. Saya bingung itu kok cepet amat betonnya kering. Nah beberapa hari yang lalu, terjawab sudah kebingungan saya. Ternyata ada teknologi yang bisa…